IKUTI

BERAPA JUMLAH ASMAUL HUSNA?



Asmaul husna yang selama ini kita kenal ada 99 nama, namun apakah memang Cuma 99 nama? Adakah nama-nama asmaul husna lain diluar nama itu?

Para ulama menjelaskan bahwa Asmaul Husna itu tidak terbatas jumlahnya dan ini merupakan ijma para ulama yang diantaranya dinukil oleh Imam an nawawi rahimahullah. Banyak dalil yang menjelaskan hal tersebut, diantaranya adalah :

HR. Ahmad, Al Hakim dan dinyatakan sahih oleh syeh al albani
Ini hadits yang berisi doa ketika kita sedih

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ عَبْدُكَ، ابْنُ عَبْدِكَ، ابْنُ أَمَتِكَ، نَاصِيَتِيْ بِيَدِكَ، مَاضٍ فِيَّ حُكْمُكَ، عَدْلٌ فِيَّ قَضَاؤُكَ، أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ، سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ، أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِيْ كِتَابِكَ، أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ، أَوِ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِيْ عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ، أَنْ تَجْعَلَ الْقُرْآنَ رَبِيْعَ قَلْبِيْ، وَنُوْرَ صَدْرِيْ، وَجَلاَءَ حُزْنِيْ، وَذَهَابَ هَمِّيْ

Rosulullah bersabda : “ketika seseorang sedang ditimpa ketidak tenangan lalu membaca doa ini “ya Allah sesungguhnya aku adalah hambaMU, aku anak hamba laki-lakiMU dan anak hamba perempuan MU,  nasibku ada ditanganMU, ketetapanMU pasti terjadi, apa yang Engkau takdirkan untukku pasti adil, aku mohon kepadaMU menggunakan setiap namaMU yang telah Engkau namai diriMU dengan nama tersebut, atau yang Engkau turunkan pada kitab-kitabMU, atau nama-nama yang Engkau ajarkan kepada sebagian hambaMU (kata para ulama antara lain itu malaikat), dan nama yang Engkau rahasiakan, Jadikanlah al quran sebagai hiburan hatikku, sebagai cahaya yang menerangi dadaku dan sebagai pengobat kesedihanku serta pemusnah kegalauan dalam hatiku.
Barangsiapa yang membaca doa ini maka PASTI akan Allah hilangkan kegalauan di dalam dadanya dan akan diganti dengan kegembiraan”

Dalam hadits ini Allah membagi asmaul husna jadi 3 :

1.       Yang ada di dalam Al quran
2.       Yang diajarkan kepada Malaikat
3.       Yang jadi rahasia Allah

Dan yang selama ini kita tahu cuma yang terdapat di dalam al quran saja. Para ulama itu dari dulu sudah mencoba untuk menghitung asmaul husna yang ada di al quran serta hadits nabi. Dimulai abad 1 H udah ada yaitu imam Ja’far as shodiq rahimahullah ( salah satu keturunan Rosulullah ). Ada ulama-ulama lain diataranya : Imam  Al khottobi, imam ibn maddah, imam ibn hazm, imam al ‘aliyyi, imam ibn majjah, imam syeh as sa’di, Imam ibn  ‘arrobi, ibn hajjar al asqolani dll.

Dan ketika dikumpulkan ternyata isinya mencapi ratusan bukan Cuma 99 nama saja. Tapi kenapa yang kita tahu Cuma 99 nama?

Ada sebuah hadits yang diriwayatkan BUKHARI MUSLIM. Isi hadits tersebut sahih, tapi dipahami lain. Nabi memang menyebutkan angka 99 nama tapi nabi tidak  mengatakan Cuma 99.

Rosulullah bersabda :
إِنَّ لِلَّهِ تِسْعَةً وَتِسْعِينَ اسْمًا ، مِائَةً إِلا وَاحِدَةً ، مَنْ أَحْصَاهَا دَخَلَ الْجَنَّةَ


“Sesungguhnya Allah memiliki 99 nama. Barangsiapa yang mengamalkannya maka ia akan masuk surga”

Para ulama menjelaskan bahwa nabi itu sedang menjelaskan keistimewaan 99 nama itu, bukan dalam arti membatasi asmaul husna.  Bahwa jika mengamalkan yang 99 itu akan masuk surga.

Ada riwayat Tirmidzi

“Setelah Allah menyebutkan Allah mempunyai 99 nama, maka disebutkan yang 99 itu isinya disebutkan satu persatu”

Namun para ulama menyatakan bahwa riwayat itu adalah dhoif, yang sahih adalah yang riwayat Bukhari Muslim. Maka Para ulama mencoba untuk mengumpulkan kira-kira yang dimaksud 99 nama itu apa saja.

Imam an nawawi berkata “para ulama sudah bersepakat, bahwa hadits ini (Allah mempunyai 99 nama) tidak mengandung pembatasan nama Allah.”

Ada ulama Ibn Hazm memiliki pendapat yang meyelisihi jumhur ulama, beliau hidup dijaman sebelum imam an nawawi. Sehingga pendapat imam ibn hazm dianggap ganjil dan tidak dianggap, karena menyelisihi ijtihad jumhur ulama.

Imam ibn qoyyim berkata “nama-nama Allah itu tak mungkin dibatasi jumlahnya, karena nama-nama Allah ada yang dirahasiakan. Nama-nama Allah ada yang ditulis dalam al quran dan hadits, ada yang Cuma diketahui malaikat dan ada yang dirahasiakan”.

Rosulullah sendiri tidak tahu berapa jumlah persisnya Asmaul Husna, padahal beliau adalah manusia yang paling cinta kepada Allah.

Rosulullah bersabda “ Ya Allah aku tak bisa menghitung seluruh pujian yang layak untukMU”. HR Muslim.

*)dirangkum dari kajian ustadz Abdullah Zaen : NGAJI ASMAUL HUSNA 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.