IKUTI

PIKUN SEBELUM WAKTUNYA


Jamaah subuh yang kami hormati...

Adakah orang  yang lupa dengan sendiri? Ada orang-orang yang lupa dengan dirinya sendiri, walau tidak mabuk dan tidak pikun. Allah sebutkan dalam

Surat al hasyr : 19

Allah berfirman :

وَلَا تَكُونُوا كَالَّذِينَ نَسُوا اللَّهَ فَأَنْسَاهُمْ أَنْفُسَهُمْ ۚ أُولَٰئِكَ هُمُ الْفَاسِقُونَ

“Jangan kalian menjadi manusia-manusia yang lupa Allah,  maka Allah jadikan dia lupa dengan dirinya sendiri. Orang-orang seperti inilah golongan orang yang fasik”

Jadi orang yang lupa dengan dirinya sendiri merupakan orang yang lupa dengan Allah. Apa maksudnya lupa dengan Allah?

Lupa dengan Allah adalah saat seorang hamba mengabaikan perintah-perintah dan larangan Allah. Ketika perintah Allah itu datang seperti sholat, zakat, dia tidak tunaikan. Ketika larangan Allah datang seperti ‘jangan deketi perbuatan zina’, tapi dia  malah mendekatinya. Saat datang larangan Allah untuk meninggalkan riba, tapi dia malah terjerumus dalam riba.

Siapapun yang melupakan Allah maka Allah akan hukum dia dengan lupa dengan dirinya sendiri. Maksud lupa dengan dirinya sendiri menurut ulama tafsir adalah melupakan apa yang baik dan apa yang bermanfaat untuk dirinya.

Maka orang-orang yang tidak beribadah, mereka lupa dengan dirinya sendiri. Mereka tidak tau apa yang mendatangkan kebaikan dan apa yang mendatangkan keburukan. Yang lebih parah adalah yang ma’ruf dianggap mungkar, dan yang mungkar dianggap ma’ruf. Maka yang terjadi adalah Amar mungkar nahi ma’ruf. Yang dilarang malah diajak-ajak, tapi yang baik-baik malah dilarang.

Allah menghukum mereka karena akibat tingkah mereka sendiri. Itu hanya hukuman dunia, belum hukuman akhiratnya, mereka akan bingung ‘dimana jalan ke surga?’
.
Berhati-hatilah, ketika datang perintah dan larangan Allah, maka kita katakan ‘sami’na wa atho’na’. Kami dengar dan kami patuh. Kita penuhi perintah dan larangan Allah itu semampu kita, jika kita belum mampu maka akuilah jika kita belum mampu untuk melakukannya. Dari pada kita membuat-buat alasan yang tidak jelas. Yang seperti ini akan lebih aman bagi kita. 

Marilah kita berhati-hati dengan hal ini agar kita TIDAK PIKUN SEBELUM WAKTUNYA.

*)dirangkum dari kultum subuh Ustadz Abdullah Zaen, 28 Rajab 1440H/4 April 2019 M


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.