IKUTI

URGENSI MEMPELAJARI ASMAUL HUSNA BAG 2



7.       AKAN MEMBUAT KITA LEBIH TEGAR DALAM MENGHADAPI MUSIBAH

Hidup di dunia tidak selamanya itu enak, tapi pasti ada saatnya dia susah. Ada saat rizkinya lancar, tapi ada saat rizkinya sedikit.

Orang yang beriman dan telah faham asmaul husna, maka dia akan tegar dalam menghadapi segala musibah. Karena ketika seorang hamba itu tau bahwa allah itu ‘aliim, hakiim, dan ‘adlun (Maha mengetahui, Maha Bijaksana, Maha Adil), maka orang tersebut menjadi lebih tenang dalam menghadapi segala macam jenis musibah, karena Allah tahu bahwa allah itu Maha Tahu apa yang terbaik untuk kita, Maha Adil.

Pasti ada hikmah dibalik musibah-musibah yang kita alami, salah satunya hikmah dari musibah adalah menggugurkan dosa kita. Alla ingin hambanya dibersihkan dosanya di dunia, sehingga ketika menghadapNYa dia sudah bersih.

Hikmah lain musibah adalah mengangkat derajat di surga.

Rosulullah bersabda “ ada seseorang yang telah ditakdirkan Allah untuk menempati surga yang tinggi, namun ternyata amalannya tidak mencukupi. Maka Allah beri ujian-ujian berupa sakit tubuhnya, hartanya berkurang, atau anaknya meninggal dunia, kemudian Allah ilhamkan kesabaran dalam menghadapinya kemudian akan diangkat derajatnya(HR ABU DAWUD, Sahih oleh syeh al albani)

8.       Menumbuhkan Perasaan Cinta dan Pengagungan terhadap Allah

Imam Al izz bin Abi Salam, ulama madzab syafi’i berkata “memahami nama-nama Allah adalah merupakan sarana untuk bisa berinteraksi dengan allah sebagai buah mengenal nama-nama Allah. Yaitu ada rasa takut pada Allah, akan senantiasa berhadap pada Allah tak mudah putus asa. Karena Tobat itu akan menghapuskan semua dosa sebelum bertobat.

Orang yang sudah mengenal nama Allah At tawwab, al ghofur dan al affuw (Maha penerima tobat, Maha Pengampun, Maha Pemaaf). Kemudian akan menumbuhkan perasaan Cinta pada Allah.

9.       Akan Membantu Tadabur (Merenungi) Al Qur’an

Surat Shood : 29

كِتَابٌ أَنْزَلْنَاهُ إِلَيْكَ مُبَارَكٌ لِيَدَّبَّرُوا آيَاتِهِ وَلِيَتَذَكَّرَ أُولُو الْأَلْبَابِ

“Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai fikiran.”

Maka ketika kita faham asmaul husna, akan terbantu dalam meresapi isi Al Quran. Karena hampir di setiap lembar halaman Al quran itu ada Asmaul Husna.
Contoh :
Surat al ‘Alaq ayat 3 :

اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ

“Bacalah dengan nama Allah yang Maha Pemurah”

Kata para ulama dalam tafsir al kurtubi
Kalimat iqro itu ditujukan kepada Rosulullah . Padahal Rosulullah fdfa itu tidak bisa membaca, maka disebutkan “Bacalah bahwa Allah itu Maha Pemurah”. Dengan Maha Pemurah Allah, maka akan dibantu untuk bisa membaca”.
Itulah pentingnya mengenal nama asmaul husna, kita tak akan bisa memahami al quran jika kita tak tahu nama “Al Akrom”.

10.       Melatih beradab kepada Allah

Selama ini kata adab itu identik dengan sesama manusia, namun justru adab yang paling penting adalah adab kepada Allah. Karena jasa Allah kepada kita itu sangat besar dan tidak terhitung banyaknya dibanding jasa manusia kepada kita. Dan Seseorang bisa lebih beradab kepada Allah jika dia memahami asmaul husna.

Contoh :
Orang biasanya tidak beradab kepada Allah jika sudah masalah rizki. Biasanya orang akan protes jika rizkinya itu sedikit. Padahal yang membagi-bagi rizki itu Allah, dan Allah itu Maha Adil. Dan rizki itu tak mesti harus berupa uang , bisa berupa kesehatan, keturunan, bisa berupa ketenangan hati, dan rizki yang paling besar adalah keimanan dalam melakukan ketaatan.

11.       Akan menyadarkan tentang kekurangan diri kita dan untuk terus diperbaiki

Saat kita mengenali kesempurnaan Allah, maka kita akan semakin sadar kekurangan kita. Semakin kita memahami Allah Maha Pemaaf, maka kita sadar bahwa kita itu masih sulit memaafkan orang lain. Semakin kita tau Allah itu Maha Berilmu, maka kita semakin sadar kekurangan ilmu kita.

12.   Memahami Dampak buruk tak mengenal asmaul husna 
 
Orang yang tak memahami dan mengenal Allah, maka akan membawa dampak buruk yang banyak. Dia jadi tidak tenang, galau di dunia. Itu hanya di dunia, belum dampak buruk di akhirat.

*)dirangkum dari kajian Ustadz Abdullah Zaen ; Ngaji Asmaul Husna "URGENSI MEMPELAJARI ASMAUL HUSNA BAG 2"

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.